Sabtu, 13 Agustus 2022 - 01:15 WIB

Mendagri minta pembangunan SDM jadi prioritas masyarakat Papua Selatan

Merauke (ANTARA) -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian minta kepala daerah untuk memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Papua Selatan.
 
"Kami meminta kepala daerah di Papua Selatan, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk fokus pada pembangunan SDM," katanya dalam siaran pers di Merauke, Jumat.
 
Menurut Tito, ada dua faktor kunci yang ditekankan untuk mewujudkan hal tersebut, yakni pendidikan dan kesehatan.
 
“Kalau bisa sekolah SD, SMP, SMA bikin gratis, kemudian buat lagi beasiswa anak-anak Papua,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan, pemberian beasiswa pendidikan pada Orang Asli Papua (OAP) maupun non-OAP akan berdampak pada kemajuan daerah. Sebab, menurut Mendagri, anak-anak yang terdidik dan terlatih akan menjadi orang yang inovatif dan kreatif.
 
“Orang yang kreatif dan inovatif, sepotong tanah itu memiliki arti yang sangat penting sekali dibanding di tangan orang yang tidak terdidik, tidak terlatih dan kemudian tanah itu terlantar begitu saja,” katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya berharap, penyediaan beasiswa itu tidak hanya sebatas untuk pendidikan dalam negeri, tetapi juga pendidikan di luar negeri.
 
"Harapannya, setelah kembali ke daerah, dengan bekal pendidikan dan inovasi yang dimiliki, mereka dapat menjadi generasi yang akan mengubah wajah Papua Selatan," ujarnya lagi.

Baca juga: Mendagri sebut pemekaran Papua beri dampak positif

Baca juga: Mendagri: Pembentukan DOB pacu pelayanan publik lebih baik

Baca juga: Mendagri: Aturan aset DOB di Papua akan diatur sesuai mekanisme
 
 
 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Media Berita Terkini, Secepat Kilat!

© 2021 DTKNews. All Rights Reserved.